Wednesday, 2 September 2015

Rendering Denah dengan Photoshop

Yang paling awal disiapkan adalah gambar denah berupa .jpg ayang akan kita edit dengan photoshop.
Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

1. wall and layers
- gunakan magic wand tool untuk menyeleksi dinding
- tekan simbol linggkaran hitam putih dibawah layer (tombol create a new will and adjustment) > solid cokor
 
- pilih warna untuk mengisi dinding, contohnya abu-abu.

- double klick layer kemudian namai dengan dinding/wall
2. floor and pattern
- buka folder file tekstur yang ingin digunakan, contoh kayu untuk lantai

- klick edit > define pattern
- beri nama > ok
- kembali ke file denah, kemudian seleksi dengan maguc wand tool bagian-bagian lantai yang menggunkan kayu
- pilih simbol linggkaran hitam putih dibawah layer (tombol create a new will and adjustment) > pattern
- muncul tekstur yang telah kita define pattern tadi, jika tidak muncul tekan panah bawah disamping gambar pattern. Kita juga dapat mengatur besar kecil pattern dengan mengubah presentasenya. Jika sudah sesuai keiinginan klick ok.
- double klick layer kemudian namai dengan lantai utama
- pilih layer denah lagi, kemudian seleksi bagian-bagian lain yang ingin diberi teksture/pattern. contohnya bagian yang ingin menggunkan tile/kramik seperti kamar mandi dan dapur.
- sama dengan sebelumnya pilih simbol linggkaran hitam putih dibawah layer (tombol create a new will and adjustment) > pattern.
- jika pattern belum ada pada pilihan ingat buka dulu folder tekstur dan difine pattern tekstur itu.
- double click layer dan namai dengan unility floor (penamaan untuk memudahkan kita bkerja saja)
- lakukan hal sama pada bagian lain seperti  bagian deck.

3. furniture
langkah2 pemberian teksture pada furniture sama dengan langkah2 pemberian tekture pada lantai.
- pilih funiture, contoh bed
 - pilih simbol linggkaran hitam putih dibawah layer (tombol create a new will and adjustment) > pattern (kalau ingin selimut bermotif) / solid color (jika tidak ingin)
- kemudian namai dengan double klick layernya
- kembali kelayer denah dan seleksi bagian bantalnya
 - pilih simbol linggkaran hitam putih dibawah layer (tombol create a new will and adjustment) > solid color (bisa menggunakan drop aye agar warnanya sesuai dengan motif)
- kemudian namai dengan double klick layernya
- lakukan hal yang sama pada furniture-furniture lainnya.

4. shadows/highlights
menambah bayangan ada dua cara
[1] dengan gradient
- seleksi lantai dulu, secara bayangan furniture dan lain-lain jatuhnya dilantai. Dan  karena kita sudah pernah melakukannya, kita tinggal pergi ke layer lantai utama, tekan tombol CTRL dan klick bagian masknya pada layer lantai utama tersebut.
- buat layer baru dan namai dengan lantai utama - bayangan (mf -shadows)
- pilih warna yang akan digunakan untuk bayangan
- pilih tombol gradient
- pilih pola gradient dari warna ke transparant (terngantung photoshopnya)
- tarik garis-garis gradient pada area-area yang menghasilkan bayangan contohnya sudut-sudut ruangan.
[2] dengan brush tool
- klick tombol brush tool
- atur bentuk brush yang digunkan dan ukurannya agar proposional
- tahan mouse dan tekan tombol shift, kemudian gambar garis lurus didekat dinding-dinding yang yangin diberi bayangan
menambah cahaya/highlight
- seleksi lantai, dan  karena kita sudah pernah melakukannya, kita tinggal pergi ke layer lantai utama, tekan tombol CTRL dan klick bagian masknya pada layer lantai utama tersebut. muat layer baru dan beri nama lantai utama - cahaya.
- pilih warna kuning / cahaya
- klick tombol gradient, tarik garis-garis gradient pada sumber cahaya, seperti jendela, lampu, dan pintu kaca.
- ganti mode layer dari normal menjadi overlay
- layer lantai utama bayangan mode juga bisa kita ubah dari normal ke multiplay
5. finishing
- periksa lagi furniture2/sudut2 yang membutuhkan bayangan dan terkena cahaya

- save as file dengan nama baru, sehingga kita punya dua file yang sama. File satu dengan layer2 kerja kita. dan file satunya dengan layer yang sudah dijadikan 1 dengan cara klick kanan layer dan pilih flatten image.


- beri tandatangan/simbol kepemilikan kita, klick edit > place (pili file tandatangan virtual kita)
 - terakhir save as file sebagai JPEG

1 comment: